Mgr. Ignatius Suharyo
Bapa Suci, Paus Benediktus XVI, telah menunjuk Mgr. Ignatius Suharyo, Uskup Agung Semarang, sebagai Uskup Agung Koajutor untuk Keuskupan Agung Jakarta. Penunjukkan tersebut diumumkan di Rorna, pada hari Sabtu (25/7/2009) pk. 12.00 waktu setempat atau pk. 17.00 WIB. Berita tersebut diumumkan kepada para pastor se-KAJ dalam Rapat Pastores di Aula Katedral, Senin (27/7/2009), oleh Pst. Y. Purbo Tamtomo Pr, Sekretaris KAJ. Pengumuman itu juga disebarluaskan melalui Surat KAJ No. 284/3.5.14/2009 tertanggal 26 Juli 2009.
Dalam surat tersebut, Pst. Purbo menjelaskan, “Uskup Koajutor adalah Uskup Pembantu yang mempunyai hak untuk rnenggantikan Uskup Diosesan yang dibantunya (berbeda dengan uskup auksilier, yang tidak punya hak mengganti, bdk. Kan. 403 § 3 KHK 1983). Uskup Koajutor bertugas untuk mendampingi Uskup Diosesan dalam seluruh kepemimpinan keuskupan dan mewakilinya bila beliau tidak ada atau terhalang (Kan. 405 § 2 KHK 1983).”

Pst. Purbo mengajak segenap umat Katolik, para imam, biarawan-biarawati di KAJ untuk bersyukur kepada Tuhan atas rahmat ini. “Kita berterima kasih kepada Mgr. Ignatius Suharyo yang sudah berkenan menerima tugas perutusan baru ini. Kita berdoa bagi beliau agar Bapa di sorga senantiasa melimpahkan berkat-Nya bagi beliau, terutama dalam mengemban tugas perutusan ini. Kita doakan pula seluruh umat Keuskupan Agung Semarang agar tidak lama lagi juga mendapat Gembala Agung yang baru,” jelasnya dalam surat tersebut.

Pst Purbo juga meminta para pastor yang hadir dalam Rapat Pastores tersebut agar menyebarluaskan berita ini kepada umat. “Mungkin sejak hari Sabtu sore sudah banyak umat yang mengetahui berita ini dan berusaha menanyakan kebenarannya. Untuk itu mari kita menjelaskan (berita ini) kepada umat yang bertanya,” ajaknya. [Felix Iwan Wijayanto]